4 Alasan kenapa Kamu harus Menonton Anime Hataraku Saibou

Hataraku Saibou atau dalam bahasa inggris Cells at Work! adalah seri manga jepang yang ditulis Akane Shimizu diilustrasikan oleh Moe Sugimoto, kemudian diadaptasi menjadi serial anime dengan judul yang sama oleh David Production dan tayang perdana pada 7 Juli 2018. Sesuai dengan judulnya “Cells at Work!” anime satu ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari sel-sel yang ada di dalam tubuh kita yang jumlahnya trilliunan. Fokus ceritanya berpusat pada sel darah khususnya sel darah merah. Berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu harus menonton anime yang satu ini



1. Keunikan dari konsep Cerita yang diangkat
Sesuai dengan judulnya Hataraku Saibou adalah cerita tentang tubuh kita, yang terdiri dari triliunan sel serta berbagai macam organ tubuh, serta bagaimana mereka semua bekerja di dalam sistem tubuh yang kompleks. Jadi dalam anime ini kita bisa belajar mengenai sel-sel tubuh kita seperti tugas sel darah merah yang mengangkut oksigen dan dibawa ke paru-paru serta mengantar nutrisi bagi tubuh. Sel darah putih yang bergulat melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh kita serta trombosit yang bertugas sebagai pembekuan darah. Tidak melulu sel darah anime ini juga membahas tentang sistem kekebalan tubuh dan tentu saja soal peredaran darah. 


Di setiap episodenya penekanan cerita lebih ditujukan kepada bagaimana kerja sistem imunitas tubuh saat menghadapi ancaman dari berbagai virus dan bakteri. Bisa dibilang konsep ceritanya begitu unik dan sangat mendidik sebab anime ini mampu memberikan penjelasan yang mudah dipahami khalayak umum dengan adanya narasi pada setiap adegan yang kental dengan unsur biologi. Anime ini bisa menjadi salah satu media yang unik dan menarik dalam untuk menyampaikan materi Biologi di luar sekolah.

2. Desain Karakter yang seperti aslinya
Penggambaran karakter pada anime ini mewakili masing masing sel disesuaikan dengan kondisi sel yang sebenarnya, seperti sel darah merah yang memakai pakaian serba merah, trombosit yang digambarkan seperti anak kecil yang kawaii (karakter loli yang memancarkan aura moe level diabetes). sel darah putih yang seluruh tubuh dan bajunya putih, limfosit yang berbadan kekar dan ada juga magkrofag yang digambarkan seperti gadis cantik dengan memakai gaun putih namun sangat sadis dalam membunuh virus dan bakteri. Virus dan bakterinya pun digambarkan seperti monster mengerikan yang siap menyerang tubuh. Walaupun jika dipikirkan secara teramat logis kurang sesuai tapi penggambaran sel sel tersebut cukup mewakili tugas-tugas dari setiap sel. Bisa dibilang anime ini banyak karakter lolinya, beberapa karakter mungkin bisa jadi stok waifu buat kalian :v

3. Jalan cerita yang menarik khas anime
Anime ini bukan hanya menampilkan cerita sederhana tentang bagaimana sel-sel dalam tubuh kita bekerja, tapi juga menambahkan poin-poin cerita ala serial shounen yang dapat mendukung karakteristik berdasarkan ilmu biologi itu sendiri. Seperti sel kanker yang muncul pada episode 6 dan 7, diceritakan sel kanker yang masih kecil tercipta karena kesalahan sel lain, walau mereka sel yang merugikan tapi mereka juga berharap bisa hidup seperti sel biasa. Namun pada akhirnya sel kanker memang harus dimusnahkan. Ada juga cerita tentang bagaimana sel darah merah yang berteman baik dengan sel darah putih, tentang konflik ringan yang dihadapi sel darah merah dalam menjalankan tugasnya dan bagaimana sel darah merah yang berjuang untuk mengirim oksigen juga cukup menghibur.

4. Anime yang aman dan berfaedah
Akhir-akhir ini banyak sekali anime unfaedah yang rilis, mulai dari anime bergenre NTR hingga Slice of life yang ceritanya mudah ditebak, bukan bermaksud mengkritik anime lain tapi kebanyakan anime sekarang memiliki cover yang mengecoh, ada cover anime yang terlihat menarik dan sopan namun isinya terdapat unsur-unsur yang tidak pantas untuk anak-anak bahkan walau genrenya sudah tertulis dengan jelas namun terkadang tetap saja ada unsur echhi yang terselubung. Hataraku saibou adalah anime yang benar-benar “aman” dan dapat ditonton oleh semua kalangan, walau mengandung aksi yang berdarah-darah tapi kemasannya yang edukatif mampu memberikan kesan yang menenangkan dan pastinya jalan ceritanya sangat mendidik. Tidak cuma mendidik agar penonton dapat paham fungsi sel dalam tubuh, anime ini juga mengajarkan kita agar peduli pada sel yang bermukim di dalam tubuh kita, membuat kita sadar bahwa kita harus menyayangi diri kita sendiri mengingat banyak sel-sel tubuh yang berusaha dengan keras mempertahankan tubuh ini agar tetap hidup.

Yoshh!!! Itulah beberapa alasan mengapa kalian harus nonton Anime Hataraku Saibou. Bagi kalian yang belum menonton silahkan nonton anime ini bersama keluarga teman atau pacar (kalo punya), gak ada salahnya menonton anime ini untuk mengisi waktu luang kalian, bagi yang sudah menonton jika mau menambahkan silahkan tulis dikolom komentar .

Arigatou Gozaimazu

Posting Komentar

0 Komentar