5 Mangaka Populer yang Masih Misterius Keberadaannya

Hallo minna-san….

Jika biasanya blog ini berisi review manga, anime dan teman-temannya, kali ini saya akan membahas tentang sesuatu yang masih berhubungan dengan dunia jejepangan, yaitu mangaka. Bagi kalian yang suka baca manga pasti tidak asing dengan yang namanya mangaka, yupss.. dibalik karakter-karakter keren di manga tersebut tak lepas dari hasil kerja keras dan dedikasi seorang mangaka. Mangaka adalah istilah bahasa jepang untuk orang yang bekerja membuat atau menggambar manga, kalau dalam istilah Indonesia biasa disebut dengan komikus. Di jepang sendiri pekerjaan mangaka adalah pekerjaan yang cukup digemari sehingga ada banyak mangaka di jepang dengan berbagai macam komik yang menarik perhatian. 




Kebanyakan mangaka mengekspos dirinya di depan publik bahkan banyak mangaka yang populer dan terkenal hingga keluar negeri, misalnya Eiichiro Oda dengan karyanya “One Piece” yang menjadi manga terpopuler di jepang yang ceritanya masih berlanjut hingga saat ini. Kepopuleran seorang mangaka tentu saja karena hasil karyanya yang terkenal dan digemari oleh banyak orang. Namun tidak semua mangaka yang hasil karyanya sukses dipasaran mau menunjukkan dirinya didepan publik dan media, sesuai dengan judul artikel ini kali ini saya akan membahas mangaka yang masih misterius keberadaannya dan wajahnya tidak pernah terekspose di media. Check this out!

1. Sui Ishida
Siapa yang tidak kenal dengan manga Tokyo Ghoul, manga yang satu ini memang sangat terkenal dijepang maupun di Indonesia tapi taukah kalian siapa pengarangnya? Sui Ishida adalah sosok dibalik kisah Tokyo Ghoul yang memiliki nuansa kelam dan sarat unsur psikologis yang banyak digemari banyak orang, namun walau manganya sangat terkenal hingga saat ini Sui Ishida tidak pernah menampakkan dirinnya didepan publik. Kalau kalian mencoba mencarinya fotonya di Google yang ada hanya sekumpulan gambar mengenai Tokyo Ghoul. 

Bisa dibilang wajah dari mangaka ini tidak diketahui. Pada Wikipedia, hanya tertulis tanggal lahirnya pada 28 Desember di Prefectur Fukuoka. Ada beberapa artikel yang membahas sosok Sui Ishida ini, namun kita tetap saja tidak bisa memperoleh informasi lebih rinci tentang Sui Ishida. Walau dinilai misterius namun Sui Ishida dikenal sebagai sosok yang ramah karena sering berinteraksi dengan fans nya lewat akun Twitter dan Tumblr resminya.

2. Haruichi Furudate
Haruichi Furudate merupakan mangaka dari salah satu manga sport terbaik, yaitu Haikyuu!! Sama seperti sui ishida publik pun tidak tau wajah asli dari Furudate. Dalam Haikyuu Wikia Fandom, tertulis Haruichi Furudate merupakan seorang mangaka yang berumur 34 tahun dan lahir pada tanggal 7 Maret 1983. Sangking misteriusnya tidak ada yang tahu gender asli dari mangaka ini, walau banyak yang berpendapat bahwa dia adalah seorang wanita. Satu-satunya informasi yang diketahui tentangnya adalah dia dulunya seorang pemain Volly yang berposisi sebagai Middle Blocker. Mungkin karena kegemarannya dalam olah raga membuat dia terinspirasi untuk membuat manga dengan tema olahraga.

3. ONE
Buat kalian yang suka anime genre komedi pasti tau anime One Punch Man atau Mob Psycho, dilihat dari desainnya kedua anime ini memiliki gambar yang mirip, ya tentu saja karena keduanya dikarang oleh orang yang sama. Kedua seri terkenal itu adalah karangan dari seorang yang memakai pen name “ONE”. One Puch Man sendiri sebenarnya adalah webcomic yang kemudian diilustrasikan oleh Yusuke Murata. Dalam Wikipedia tertulis ia lahir pada tanggal 29 Oktober 1986 di NIgata Jepang. Sosok dari One hingga saat ini belum diketahui, jika kalian menuliskan keyword “Author One-Punch Man” di Google yang ada hanya gambar Yusuke Murata beserta gambar Saitama dari Seri One Punch Man. Pada tahun 2015 ada situs-situs diskusi jepang yang menunjukkan sosok pria yang di yakini sebagai “One”, namun hal itu belum terbukti kebenarannya karena tidak ada pengumuman resmi. Sampai saat ini One juga tidak pernah menunjukkan dirinya pada publik secara langsung.

4. Tsugumi Ohba
Manga Death Note merupakan karya pertama Ohba yang memulai karirnya pada tahun 2003, selain Death Note dia juga pengarang dari manga Bakuman. Diketahui Ohba memulai karirnya pada umur 17 tahun. Bisa dibilang Tsugumi Ohba adalah mangaka yang sangat menutup rapat identitas aslinya, sebab wajah, jenis kelamin, dan tanggal lahirnya sama sekali tidak dieketahui.

Walaupun begitu banyak rumor yang beredar seputar Tsugumi Ohba, salah satunya adalah adanya berbagai media online yang menuliskan bahwa Tsugumi Ohba adalah Pen Name dari mangaka yang bernama Hiroshi Gamou. Berawal dari acara Japan Otaku Award dimana Toshio Okada (Gainax) dalam acara tersebut mengatakan jika Ohba sebenarnya adalah Gamou. Banyak juga yang menganggap jika gambar milik Ohba mirip dengan manga karya Gamou. Terlepas dari adanya rumor yang beredar sampai sekarang sosok dari Tsugumi Ohba masih cukup misterius.

5. Hideaki Sorachi
Hideaki Sorachi merupakan Gorilla mangaka dari manga terkenal Gintama. Para fans gintama biasa memanggilnya Gorilla, hal ini tidak lain karena dirinya sendiri yang menggambarkan sosoknya yang juga eksis dalam anime Gintama sebagai Gorilla berbaju kuning yang sedang dikejar Deadline. Menurut pengakuannya Sorachi menyembunyikan jati dirinya karena dia sangat pemalu dan tidak suka dipotret. Selain itu ada alasan konyol mengapa ia menyembunyikan sosoknya dari publik, alasannya adalah karena dia takut saat berjalan di depan umum ia akan dihampiri pembaca Gintama yang marah karena alur Gintama yang tidak jelas, memparodikan manga kesukaan fans yang dibuat dengan konyol, dia juga takut jika disuruh berhenti menjadi mangaka. 

Buat kalian yang sudah membaca manga maupun menonton animenya pasti tau bagaimana absurdnya manga ini, ide zaman Edo dan Invasi Alien ke bumi adalah ide yang gila ditambah penyajian komedi yang anti mainstream membuat Gintama menjadi salah satu Anime komedi terbaik yang bukan hanya menyajikan cerita absurd tapi juga menyimpan banyak makna tersirat di dalamnya (kok jadi review Gintama :v). Diketahui seiyuu dari Gintoki yaitu Sugita Tomokazu pernah bertemu dengan Hideaki Sorachi walaupun hanya sebentar.

Itulah 5 mangaka yang sosoknya misterus dan tidak terekspos oleh media, walau sosok pengarangnya tidak pernah menunjukkan diri di depan public namun para penggemar tetap setia menikmati setiap karyanya, bahkan menurut saya sendiri hal tersebut malah berdampak positif karena menambah rasa penasaran pembaca.

Posting Komentar

0 Komentar